Informasi Apa Saja Sebagai Sharing Pengetahuan dan Pandangan Hidup

Breaking

Minggu, 28 Mei 2017

Beristri lebih dari satu menurut Dharma


Brahmacari

Brahmacari adalah masa menuntut ilmu dan mencari identitas demi membentuk jati diri, namun Brahmacari dibedakan lagi menjadi 3 golongan, yaitu :

A. Sukla Brahmacari : Tidak menikah
B. Sewala Brahmacari : Menikah hanya sekali
C. Tresna Brahmacari : Menikah lebih dari sekali  dengan izin dari istri atau istri-istri sebelumnya.

Dari Ketiga jenis brahmacari tersebut, semuanya sama-sama baik, namun dari ketiga brahmacari tersebut, lebih disarankan memilih yang Sewala Brahmacari.
Sewala Brahmacari dan Tresna Brahmacari adalah kehidupan berumah tangga. Dalam Menjalani Kehidupan Berumah Tangga Pedomannya adalah Kewajiban Suami-Istri.



Sewala Brahmacari pedomannya Kewajiban Suami-Istri
Tresna Brahmacari pedomannya Kewajiban Suami-Istri x n (Keterangan : n = jumlah istri, namun yang terpenting dalam Tresna Brahmacari adalah Keterbukaan, saling pengertian, berusaha untuk berkeadilan dan kebijaksanaan dalam menjalani rumah tangga tsb).

Acuan kitab suci berumah tangga adalah Grehasta Asrama, Khusus bagi yang Tresna Brahmacari sebenarnya pedomannya ada banyak, hanya saja dari sebagian pedoman tsb hanya menjelaskan bagaimana menjalani rumah tangga tsb dengan baik, Bhavisya Purana bagi yang beristri dua dan Kamasutra Vatsyayana bagi yang banyak istri. Namun, sebelum mengacu pada kitab suci dalam menjalani rumah tangga, sebaiknya berusaha dulu semaksimal mungkin dalam menjalankan rumah tangga itu dengan baik dan semoga langgeng selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox