Informasi Apa Saja Sebagai Sharing Pengetahuan dan Pandangan Hidup

Breaking

Sabtu, 03 Juni 2017

Teori Kehidupan

Tuhan

Tuhan adalah tak terpikirkan, karena Tuhan tidak terpikirkan, buat apa kita memikirkan sesuatu yang tak terpikirkan?

Bagiku Tuhan adalah sosok pantheistik, yaitu Tuhan ada dimana-mana dan meresapi ciptaannya. oleh karena itu, kita sembahyang di pohon, di batu, di patung, di sungai, di gunung, di hutan,dan di laut, karena kita percaya bahwa di semua tempat itu ada Tuhan.

Dewa
Dewa adalah manifestasi dari Tuhan, perwujudan Tuhan sesuai peran dan fungsinya masing-masing atau dewa itu adalah nama-nama Tuhan itu sendiri sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.

Leluhur/Bhatara/Bhatoro
Leluhur/Bhatara/Bhatoro adalah pelindung, leluhur adalah pelindung karena beliau melindungi kita selaku keturunannya, dewa juga adalah pelindung karena beliau melindungi juga, raja adalah pelindung, karena zaman dulu beliau melindungi rakyatnya, dan segala aspek kekuatan lain yang melindungi kita dari segala hal yang tidak baik.

Agama
Agama adalah tuntunan atau pedoman dalam menjalani kehidupan, dan agama tidak bisa menyelesaikan masalah.


Kitab Suci
Kitab suci adalah the holy books.

Tradisi
Tradisi adalah adat budaya atau jati diri suatu bangsa.

Rintangan
Rintangan itu biasa dalam kehidupan, selalu ada rintangan dalam kehidupan dan jalan terbaik dalam menyikapi rintangan itu adalah dengan menerima dan menjalani rintangan itu sebagaimana adanya.


Kegagalan
Kegagalan, jalan terbaik menghadapi kegagalan adalah dengan menerima kegagalan tsb sebagaimana adanya.

Dalam hidup kita punya harapan, punya tujuan dan cita-cita. Oleh karena itu, kita berusaha mewujudkan semua itu dengan usaha, setelah itu boleh berdoa boleh juga tidak(jika berdoa yang dimohon bukan hasil, namun yang dimohonkan adalah  berkah, jalan dan kemudahan dalam mewujudkan harapan tsb), kemudian terakhir adalah keikhlasan menerima hasilnya, jika tercapai artinya usaha dan karma sudah pas, namun jika belum berhasil, bukan berarti tuhan tidak memberi atau tidak mengabulkan, namun belum pas usaha dan karmanya.

Intinya harus lebih banyak berusaha, meskipun kadang terasa tidak mungkin, namun harus tetap lebih banyak berusaha, hasilnya diikhlaskan saja.


Sembahyang
Sembahyang pada hakekatnya adalah jalan mencapai keheningan.

Berdoa
Berdoa adalah sebuah harapan yang diucapkan dengan rasa tulus-ikhlas dan flexible(bisa diucapkan dimana saja dan kapan saja, baik diucapkan, maupun dalam hati).

Semoga damai selalu
Semoga damai di hati

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox